Memahami Keamanan Cloud dan Manajemennya

Teknologi cloud saat ini merupakan pilihan yang lebih disukai oleh banyak industri. Cloud computing memungkinkan bisnis untuk meminimalkan biaya infrastruktur sambil tetapi juga memberikan kelincahan dalam skalabilitas, sehingga memberikan keuntungan secara strategis.

Dengan semakin banyak bisnis yang melakukan tugas komputasi bisnis penting, seperti misalnya Platform Komunikasi sebagai Layanan (CPaaS),  membuat cloud security adalah suatu keharusan.

Cloud security adalah bagian dari keamanan siber yang mencakup aturan, prosedur, dan teknologi yang memungkinkan bisnis dalam melindungi data dan informasi mereka dalam sistem  cloud computing yang  mereka miliki.

Hal ini juga berguna untuk melindungi dan mengamankan data anda yang tersimpan di cloud dan aset digital lainnya dari pelanggaran data, ransomware, peretasan, dan ancaman keamanan siber lainnya.

Memahami cloud security, termasuk semua manfaatnya, dapat membantu perusahaan mengamankan diri mereka sendiri secara lebih efektif. Berikut adalah beberapa praktik dalam mengamankan bisnis Anda yang dapat mulai diterapkan.

Menerapkan klasifikasi data untuk mengidentifikasi data sensitif atau teregulasi

Menerapkan klasifikasi data untuk mengidentifikasi data sensitif atau teregulasi adalah salah satu langkah pertama yang harus dilakukan bisnis untuk mengamankan data mereka dalam sistem cloud computing mereka.

Ini memerlukan pembuatan kebijakan dan prosedur untuk menilai bagaimana data diakses, digunakan, dan dibagikan.

Perusahaan harus menentukan hak akses untuk file dan folder yang berisi informasi sensitif dan memastikan bahwa data penting disimpan terpisah dari data yang tidak terkait. Penting juga untuk memiliki mekanisme tata kelola untuk menjamin bahwa data Anda yang sangat sensitif mematuhi peraturan peraturan.

Identifikasi aktivitas dengan memanfaatkan user and entity behavior analytics (UEBA)

Menangkap perilaku yang mencurigakan sangat penting untuk melindungi data dan informasi Anda di sistem cloud dan mencegah masalah keamanan. Analisis perilaku pengguna dan entitas adalah teknologi yang banyak digunakan dalam cloud saat ini.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam melindungi data Anda dengan lebih baik di sistem cloud dengan memberikan informasi tentang perilaku pengguna yang tidak biasa dan kasus akses yang tidak sah.

Lakukan pemantauan rutin untuk segera memperbaiki risiko keamanan cloud.

Juga penting untuk terus menjalankan tugas pemantauan yang sering dilakukan untuk mendeteksi masalah keamanan dan memperbaikinya segera setelah terjadi.

Perusahaan harus menjadwalkan pemindaian celah secara berkala, audit sistem, dan implementasi patch untuk mengatasi ancaman keamanan di cloud.

Tidak hanya itu, tetapi juga penting untuk tetap mengikuti undang-undang industri, menjaga kepatuhan, dan memastikan bahwa data cloud Anda mematuhi praktik terbaik berikut untuk keamanan data dan informasi.

Mengikuti tren teknologi yang mulai pindah ke cloud, termasuk penerapan CPaaS, sangat penting bagi bisnis untuk memahami apa itu cloud security dan praktik terbaik untuk menerapkan teknologi ini.

Sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan kebijakan lengkap, budaya keamanan organisasi, dan solusi keamanan cloud tersedia untuk memastikan data cloud berkualitas tinggi aman dan terlindungi secara efektif.

 

 

Leave a Comment