Cara Memainkan Akord Gitar

Apa itu akord bar, dan mengapa itu dieja akord barre?

Arti asli dari kata “barre” adalah tiang, jadi apakah itu berarti kita sedang belajar memainkan akord tiang? Alasan paling jelas yang dapat saya pikirkan mengapa ada orang yang menyebut akord bar sebagai akord barre, adalah karena jari telunjuk digunakan untuk membuat barre di seluruh fretboard.

Pada dasarnya, akord bar adalah cara yang nyaman untuk memainkan bentuk akord terbuka lebih jauh ke atas leher gitar, dengan mengganti mur gitar dengan jari pertama. Ini memberi Anda lebih banyak akord untuk dimainkan. Jadi pikirkan jari pertama Anda sebagai tiang di fretboard.

Daftar akord bar gitar yang paling umum.

Karena akord bar didasarkan pada akord  chordtela kunci gitar terbuka gitar, akord tersebut sering disebut berbentuk seperti akord terbuka apa pun yang menjadi dasarnya. Contoh bagusnya adalah akord barre berbentuk E, yang dibuat dari bentuk akord E terbuka.

Berikut ini daftarnya.

Akord barre berbentuk E – mungkin yang pertama yang harus Anda coba.
Akord barre berbentuk A – Ini adalah bentuk akord barre kedua yang paling umum digunakan.
Akord barre bentuk C – Berdasarkan akord C terbuka. Ini kurang umum digunakan tetapi masih berguna untuk diketahui.
Akord barre berbentuk E minor
Akord barre bentuk minor
Beberapa tips tentang cara memainkan akord bar ini sedikit lebih mudah.
Bagian tersulit dari memainkan akord bar adalah membuat jari telunjuk Anda rata di atas fretboard sehingga semua nada berbunyi dengan benar.

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa jari pembatas Anda tidak harus rata dan lurus. Izinkan saya menjelaskannya sedikit lagi dengan memberi tahu Anda bahwa bukan bagian bawah langsung jari Anda yang membentuk barre, tetapi bagian tengah jari yang paling dekat dengan ibu jari Anda.

Mencoba menempatkan jari telunjuk Anda rata dengan sempurna di fretboard tidak akan pernah berhasil, tetapi mari kita gunakan itu sebagai titik awal.

Jadi, Anda meletakkan jari Anda rata di atas fretboard, dan ibu jari Anda berada di tengah bagian belakang leher dan mengarah ke kepala gitar. Tidak masalah jika semua nada belum berbunyi dengan benar – itu akan datang nanti.

Sekarang gerakkan pergelangan tangan Anda lebih dekat ke bagian belakang leher. Ini akan membuat jari telunjuk Anda sedikit miring ke samping, dan Anda bisa sedikit melengkungkannya. Jika Anda menggeser jari Anda hingga tepat di belakang fret, ini akan memberi Anda jarak yang lebih sedikit untuk meletakkan sisa jari Anda di atas fretboard.

Mari kita lakukan ini dengan akord barre A, menggunakan bentuk E.

Buat bar dengan jari telunjuk Anda, mulai sekarang disebut sebagai jari pertama, pada fret ke-5. Sekarang ambil jari kedua Anda dan letakkan di senar ke-3 di fret ke-6.

Letakkan kelingking Anda (jari keempat) pada senar ke-4 di fret ke-7, dan letakkan jari ke-3 Anda di senar ke-5 di fret ke-7.

Itu adalah akord barre berbentuk E pada fret ke-5 yang disebut A mayor.

Prinsip dasar yang sama berlaku untuk semua kunci bar gitar.

Jika Anda masih tidak bisa memainkan akord bar.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin memberi Anda masalah, sebenarnya hanya satu hal. Gitar Anda.

Jika Anda memiliki gitar yang tidak diatur dengan baik dengan senar yang terlalu tinggi dari leher, maka Anda akan mengalami kesulitan dengan akord gitar apa pun, dan ini akan benar-benar muncul saat Anda mencoba akord bar.

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapinya. Yang pertama adalah membawa gitar Anda ke teknisi profesional yang dapat membuatnya senyaman mungkin, dan solusi kedua adalah mendapatkan senar pengukur yang paling ringan dan memasangnya di gitar Anda untuk saat ini.

 

 

Leave a Comment